Connect with us

MotoGP

Tentang Aerodinamics Pada MotoGP

 

aerodinamika

Aerodinamika, memiliki peran penting didunia balap dan otomotif. Selain sektor mesin yang jadi fokus utama, aerodinamika juga jadi fokus kedua untuk pengembangan motor dan mobil di dunia balap. Sedangkan didalam dunia fisika, aerodinamika merupakan bagian dari fluida dinamika.

Fluida dinamika ini membahas tentang gerakan partikel udara saja. Pengaturan aerodinamika ini berhubungan dengan hukum Bernoulli. Ada rumus terperinci dalam hukum Bernoulli ini, tapi kita akan ambil intinya saja agar tidak terlalu panjang dan pusing.

Hukum Bernoulli ini mengatakan, bertambahnya kecepatan aliran fluida akan menurunkan tekanan udara di area tersebut. Jadi jika kecepatan udara tinggi maka tekanan akan kecil, dan berlaku untuk sebaliknya. Tekanan ini akan sebanding dengan gaya yang beroperasi disuatu obyek.

Ilustrasi Aliran Udara

ilustrasi angin

Misalnya di gambar tersebut, perangkat aerodinamika akan mengatur besarnya kecepatan udara di bagian atas dan bawah perangkat. Jika kecepatan udara diatas lebih cepat, tekanan diatas lebih besar, maka obyek akan terdorong ke bawah karena gaya ke bawah lebih besar.

Saya kira jelas sampai sini..

Di dunia otomotif, aerodinamika berkaitan dengan gaya tekanan ke bawah atau down force. Dalam kendaraan berkecepatan tingi, khususnya di dunia balap seperti MotoGP dan Formula1 saat ini punya banyak perangkat aerodinamika seperti winglet, spoiler, fairing, dsb untuk mengatur aerodinamika.

Jadi, tugas perangkat ini adalah mengatur jumlah dan juga arah aliran udara yang ditimbulkan down force itu sendiri. Dengan down force yang tinggi, kendaraan bisa melaju lebih stabil karena lebih melekat dengan permukaan aspal.

Jadi simpel nya, untuk menambah down force, aliran udara diatas perangkat aerodinamika harus lebih lambat dibanding dibawah. Dan itu juga berlaku untuk sebaliknya. Tapi down force yang besar tidak selalu 100% bagus, justru down force yang tinggi tentu berpengaruh membuat kendaraan menjadi semakin berat. Jika terlalu berlebihan, akan berpengaruh pada suspensi dan daya tahan ban, juga masih banyak konskuensi lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must See

More in MotoGP